Sabtu, 10 Desember 2016

Kuadrat Lengkap Al-Kwarizmi

Alat Peraga Kuadrat Lengkap Al-Khwarizmi

Berdasarkan Modul Pelatihan Matematika SMA mengenai "Pemanfaatan Media Pembelajaran" dikemukakan Alat Peraga Kuadrat Lengkap Al-Kwarizmi. Mari kita coba bagaimana cara menggunakan alat peraga kuadrat lengkap Al-Khawrizmi untuk menyelesaikan persamaan kuadrat.

Alat peraga Al-Khwarizmi ini  dapat berfungsi untuk mengantarkan siswa dalam mencari akar persamaan kuadrat dengan metode kuadrat lengkap sempurna. Alat peraga ini terdiri dari persegi besar, persegi kecil, dan persegi panjang yang kongruen dengan ukuran panjang sama dengan sisi persegi besar dan lebar sama dengan sisi persegi kecil yang banyaknya disesuaikan dengan koefisien pada persamaan kuadrat.
Misalkan diberikan persamaan kuadrat 2 x 10x  39 . persamaan tersebut dapat kita modelkan dengan suatu persegi panjang dengan asumsi memiliki luas seluas 39 satuan luas.
Kemudian persegi panjang 10x kita bagi dua , sehingga kita dapatkan

Lalu Kita susun seperti di bawah ini
Supaya kita mendapatkan suatu persegi yang utuh maka kita tambahkan persegi yang kecil seperti gambar di bawah ini


Sehingga luasnya bertambah menjadi 39 + 25 = 64 satuan luas. Sehingga 2 (x 5)  64x 5  8 karena ini konteksnya adalah panjang maka yang kita ambil adalah x 5  8x  3 . Sehingga penyelesaian dari 2 x 10x  39 adalah x  3 .

Jika kita menggunakan symbol secara umum:
Selamat Mencoba

2 komentar:

  1. terima kasih, sangat bermanfaaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih, ini sangat membantu tugas mata kuliah media pembelajaran saya.

    BalasHapus